Encouragement Changes Everything

Nah itu judul buku John C. Maxwell yang baru saya beli kemarinšŸ™‚
Sebelumnya memang saya senang membaca buku Pak Maxwell ini sih, penulisannya sederhana namun mempunyai dampak yang besar. Kalo mau tahu lebih banyak tentang beliau, silakan dibrowsing aja hehe.. Yang jelas beliau itu mantan gembala gereja yang kemudian menjadi pelatih kepemimpinan dimana2 tempat, tetap berdasarkan Firman Tuhan, namun dia membagikannya bagi banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda (termasuk agama yang berbeda).

Nah, buku yang sedang saya baca ini membahas tentang bagaimana suatu dorongan semangat (encouragement) dapat mempengaruhi orang2 sekeliling kita. Dorongan semangat dapat mengubah banyak hal, termasuk masalah pengharapan, kemampuan akan diri, juga meningkatkan pencapaian tim.
Nah, kepada siapa saja kita beri semangat? Kalo kata “Truett Cathey” seperti ini :

Bagaimanakah anda mengidentifikasi orang yang membutuhkan dorongan semangat?
Orang tersebut sedang bernapas.Ā 

Jadi? ya! semua orang butuh diberi semangat! Tadi pagi saya mencoba mengaplikasikannya (dalam tiap bab biasanya diberikanĀ action point) dengan mengirim pesan singkat kepada seorang kakak yang menjadi berkat bagi saya dalam membentuk sifat jelek saya dan menjadi contoh bagi saya bagaimana mengasihi dengan tulus. Well, saya pikir sebelumnya kakak ini tidak perlu dorongan semangat lah ya, dia sudah menjadi orang yang luar biasa. Tapi ternyata saya salah, kakak ini membalas pesan saya dengan menyatakan dia terharu danĀ termotivasiĀ akan pesan saya tersebutšŸ™‚
Dorongan yang tulus benar2 memberkati orang lain dan juga diri kita sendiri.

Diri sendiri pun harus didorong semangatnyašŸ™‚
di buku ini ada kutipan seperti ini :

Doronglah Semangat Anda Sendiri

Jangan biarkan diri anda…

Khawatir saat Anda sedang melakukan yang terbaik

Tergesa-gesa saat keberhasilan tergantung pada ketepatan.

Berpikir jahat tentang siapapun sebelum anda memiliki buktinya.

Percaya bahwa sesuatu mustahil tanpa mencobanya.

Membuang waktu pada hal-hal yang sepele.

Membayangkan bahwa maksud-maksud yang baik adalah alasan yang memuaskan.

Memendam kepahitan terhadap Tuhan dan manusia.

Mari kita memberi semangat pada orang lain hari ini! Lakukan dengan tulus, bahkan bagi musuh-musuh kita. Bukan berarti harus berbohong loh, karena tiap orang pasti punya kualitas baiknya tersendiri, so, berikan dorongan semangat mengenai hal itu!

Saat kita memberi dorongan semangat bagi orang lain, kita pula terbangun melalui hal itu.

-Diberkati untuk memberkati-

PS : kalau ada yang mau pinjam bukunya, silakan hubungi saya ya, nanti dipinjamkan kalau saya sudah selesai baca.šŸ™‚

Tagged: , , , ,

3 thoughts on “Encouragement Changes Everything

  1. vivin 10 Maret 2012 pukul 11:59 am Reply

    super sekali kakšŸ™‚ salam alumni sma 17 makassar angkatan 15

  2. laifofairin 10 Maret 2012 pukul 12:09 pm Reply

    err,, vivin yang anak Chrisent kan ya? hehe..
    Semoga terberkati ya dek! mari belajar bersamašŸ™‚

  3. nikopurba 13 Maret 2012 pukul 10:01 am Reply

    saya mau pinjam kak hueheheheuu

Tinggalkan Balasan

