Where have I go for 2 months ?

Judulnya provokatif betul ,kekeke

Jawabnya bisa dibuka disini http://yppak.org

Yep, saya mengikuti Program Pembinaan Alumni Kristen (PPAK) angkatan 24 sejak 23 Agustus-18 September 2011. Dua bulan yang sangat menyenangkan, penuh dengan sahabat-sahabat baru, tawa dan canda, perubahan karakter sedikit demi sedikit, bekal di dunia alumni, dan utamanya pemupukan akan kecintaan Firman Tuhan dan Dia sendiri🙂

Jadi ceritanya, selama 2 bulan, kami yang berasal dari seluruh Indonesia (22 orang dari Medan, Jawa Barat, NTT, Palu, Toraja, Manado, Ambon, n Papua). First impression masuk asrama : (dalam hati) I hate to know someone new in my life! hahha,, seriously. Soalnya, perasaan tahun 2011 ini buanyak banget ketemu orang2 baru dan pada akhirnya akan pisah. Kalo ketemu sih asik2 aja, pas harus pisah nih? Pasti ada yg incomplete *halah..

Well, tapi akhirnya saya memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman, secara kegiatan ini sudah saya doakan dari setahun sebelumnya🙂

Pas pembukaan, saya terlambat mengikuti pembukaan PPAK 24 dikarenakan harus bekerja di hari Jumat. Maka, datanglah saya di kebaktian pembukaan di Hari Sabtu dengan… terlambat -___-”
Dengan menahan malu karena telat (dan dipanggil duduk ke depan oleh Pak Hilman), akhirnya saya berhasil “lepas dari cangkang” dna berkenalan dengan beberapa orang teman. Yang saya ingat itu, Kak Anna dari Papua, Halen dari Kupang, dan Kak Boty dari Kupang juga. Ternyata kebaktian pembukaannya rame dengan kedatangan anggota YPPAK lainnya, bukan cuma kami peserta. Trus juga ketemu sama mentor yang sebelumnya udah nge-sms-in. Namanya kak Sylvia, hoho..
Singkat cerita, karena berhubung saya masih terikat kerja sampai awal Agustus, saya cuma bisa masuk di hari pertama kuliah, dan untuk 9 hari berikutnya saya bolos. Well, sebelumnya sudah ijin sih, tapi tetap aja emang sayang banget, hehe..

Hari pertama perkuliahan saya ditunjuk jadi PJH (Penanggung Jawab Harian). Tah siapa lah yang nunjuk ini, ckckc.. orang baru dateng juga -__-”
Tapiiii,, yowis, lakukan sa,😀
Hari pertama kuliah menyenangkan! Walopun masih jaim2 an sama teman2  PPAK, hahhaa.. *Saya emang jaim kalo baru kenal, weeek😛. Tapi untungnya walopun masih malu2 kucing, sonde (tidak-red) masalah lee…
Sorenya saya harus balik ke Jakarta, mengejar bus kota, eh kerjaan, jadi mau ga mau, harus mau :))

Dan 9 hari kemudian.. setelah membereskan kerjaan, saya dengan semangat 45 balik ke Bandung. Awal2 kuliah menjadi tantangan tersendiri karena OIA udah dikit lagi dijelasin, trus ada kelompok eksposisi setiap hari yang dimana saya ga ikutan satupun kelompoknya. Nah kan, cemanalah…
Tapiii, tetap Tuhan itu baik, dan juga teman2 asrama baik, so semua masalah bisa teratasi, dan materi kuliah yang terlewatkan bisa saya kejar! Yeay!

Maka mulailah kehidupan asrama yang sebenarnya.

Apa yang terjadi ?

Banyak hal! Kalo dari project2, kami banyak kegiatan @_@, mulai dari nyanyi di gereja waktu 17 Agustusan (20 lagu bowww..); malam budaya + masak makanan khas daerah masing2, dan berbagai vokal grup di beberapa gereja (sok ngartis), ahha.. Kemudian dari segi materi, saya belajar buaaaanyaaak sekali hal.

Materi apa??

Hmm, intinya adalah ttg the Word (firman Tuhan) dan the world (dunia). So di awal2 perkuliahan kami dibekali dengan pemahaman akan firTu dan dibiasakan terus OIA setiap hari (mabok dah tuh); kemudian juga banyak materi lainnya, seperti bermisi (oleh seorang misionaris Amrik, I am grateful for him), komunikasi Injil dengan pembawaan yang menarik dari Bu Wayan, Apologetika Kristen, Menemukan SHAPE (Spiritual Gift, Heart Desire, Ability, P (duh saya lupa), E (lupa juga -__-“), Leadership (materi yang super sekali!), Profesi, Wirausaha, Keluarga Kristen (ini juga materi favorite saya😛 ) dan berbagai materi lainnya.

Sangat saya akui, hal2 ini membuat saya semakin diperlengkapi dan membuat saya kaya! Yep, bukan secara materi, namun dr pengenalan akan Tuhan, serta aplikasinya dalam dunia sehari2. Selain materi, ada juga pembentukan karakter demi karakter yang sangat saya alami secara pribadi. Banyak pola pikir, sudut pandang, pemikiran2 yang salah, yang diubahkan, dipertajam, dan ditegaskan🙂

Saya bersyukur untuk kesempatan retreat 2 bulan ini, banyak sekali hal yang saya dapatkan, dan utamanya juga saya mendapat banyak sahabat2 dan bahkan saudara2 baru dari seluruh Indonesia😀

Well, tapi memang waktu yang harus memisahkan kami sekalian. Sudah waktunya untuk menyobek plastik garam dan mengeluarkan diri dari toko lampu ini. Sedih memang, setelah makan bareng, belajar bareng, tidur bareng, berkonflik bareng, dan berbagai hal bareng2 lainnya, kami harus dipisahkan.

Tapiiiii

Seperti kata pepatah, kalau ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi; kalau ada umur panjang, bolehlah kita bertemu lagi.

Kalau Tuhan masih menghendaki kita bertemu, maka tenang saja, kita akan bertemu!🙂

Sampai jumpa sahabat, terima kasih Tuhan untuk kasihmu yang sungguh luar biasa!

And now I am ready to be sent wherever He want me to go🙂

I really miss this moment >_<

*ttg materinya, tar saya akan cerita sedikit-banyak di blog ini🙂

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: