KaPe Part 3

Sekarang gw mw share ttg kerjaan kali ya? hehe..

Gw di tempatin di Rumbai, klo disini tuh ada 3 bagian lah ya, Rumbai-office gt, Duri-bwt bag. utara-jenis minyak nya beda, Minas-bag. selatan-minyaknya beda drpd duri. Nah kn gw di office tuh, padahal sebenernya gw suka nya di field*sok suka, pdhl beneran blank jg sih🙂 ,  tapi ndak pa-pa, kata si bapak mentor nya emg ngambil data nya di Minas kok, di fieldnya *Horeeee.. haha,,

Jadi klo kape sama mentor gw, sebut saja Pak AM (ga enak soalnya, belum izin beliau, haha ;p), beliau nih dah ngebimbing mahasiswa KP/TA dah 10 tahun gt, jd dah pengalaman lah. Klo sama beliau (gw taunya jg dari senior gw d tl), minggu pertama tuh dikasihin referensi, literatur, buku, dll lah, diajakin diskusi, motivasi, diajarin jg, dll lah. Mantep pisan euy. Nah, trus minggu ke 2 baru deh ke field, minggu ke 3 nyelesein laporan, minggu ke 4 bisa jalan2 ke field lagi…

NAh, berhubung gw minggu ketiga dah beres laporan (gaya uy, hehe..) pengennya sih ke field yg lebih ke arah environmental gt, pengen ke SBF (Solid Bioremediation Field), atw CMTF, atw ke Disposal Well, atw apa aja lah, curious bgt euy,, kapan lagi gw bisa kesono kan? *kec. klo gw keterima di perusahaan ini, haha..

Kembali ke kerjaan.

Tema KP gw ttg K3. Menarik sih, tapi sayangnya di jurusan gw dikit banget yg ngebahas ginian, mungkin krn itu jg gw lebih tertarik ke pengolahan limbah ya.. Gw awalnya gtw mw ttg apa, kn K3 gede lingkupnya, nah trus sm mentor gw, dikasih referensi, literatur ttg K3 d perusahaan itu, dll lah

Gw tertarik sama pekerjaan wellwork, nah wellwork tuh ngapain? jd semacam pemeliharaan sumur gt.. Setelah sumur minyak dibor sm tim drilling, tar yg masang pompa bwt ngalirin minyaknya, yang ngerawat klo pompanya rusak, yang ngembaliin efisiensi pengambilan minyak *mgkn trjadi scaling, jd di acidizing gt, apa lagi ya? pokonya gt2 lah kerjaannya

Jadilah gw awalnya pengen ngebahas ttg Alat Pelindung Diri di wellwork. Kenapa APD? soalnya wellwork tuh sangat berat pekerjaannya.. Rule kerjanya tuh 5 hari shift siang (1 shift 12 jam), 5 hari shift malam, 5 hari off. Jadi sehari bisa kerja sampe 12 jam tanpa henti *break klo lg makan aja, tp ga nentu jg.. Dari segi berat kerja nya jg iya bangetlah, bisa2 kena blow off (semburan minyak), kena bahaya benda2 jatoh, ngangkat2 tubing, dll lah..

Blum lagi bahaya kebisingannya bisa nyampe 90an dB (standar di Indo 85 dB, 8 jam), bahaya bahan kimia klo lg acidizing, bahaya slipped tripped (5T), apa lagi ya? itulah ya..

Nah, jadinya gw dititipin ke HES wellwork d minas untuk ngambil data. Ketemu sama bapak2 di HES wellwork yang ber2 doang, mantap! Trus ke rig bareng2 Pak Indra namanya, hehe.. lumayan, dlm 2 hari gw ke 3 rig. Di rig, gw baru ngeliat langsung gmn caranya minyak tuh diambil, gimana proses masang2 pompanya, gimana nanem pipa yang banyak bgt, bahaya yang mungkin timbul, dll. N gak lupa gw digangguin sm pekerja2 nya *berhubung gw sendirian cewek disitu. Tapi ga parah2 amat kok, hehe.. baek2 semua.. apalagi mereka mw2 aja waktu gw wawancara, hahaha.. *makasih bapak2…

Trus setelah gw ngambil data 3 hari itu, gw balik ke rumbai bwt ngerjain laporan. Berhubung dosen pembimbing gw mintanya sblm gw bahas ttg APD, gw bahas metode pengendalian lainnya jg, *n gw rasa ga enak aja klo cm APD doang,, jadilah gw ngubah judul meluas, haha..

jadinya jeng jeng, judul kape gw : Analisis Penerapan Metode Pengendalian Faktor Bahaya Pekerjaan Wellwork di Lapangan Minyak Minas, PT CPI

Manteplah ya, haha.. untungnya dosen pembimbing gw yang baik hati n gaoel ;p nyetujuin.

Karna gw pengen cepet2 ke bidang yang lebih tl, which is environmental, dengan sekuat tenaga gw ngerjain laporannya. Mentor gw disini tuh telaten banget, gw selalu diskusi, dikoreksi, dimotivasi, baek lah pokoknya… Pelajarn hidup pun gw dapet dr dia, haha.. Makasih banget Pak Antonius Max.. *akhirnya gw ngebuka namanya, yaudahlah ya, haha

salah satu motivasinya tuh gini : ” emang awalnya klo ada masalah kta nganggepnya susah, tapi klo dah biasa nyelesein yang susah2 itu, kita jadi terbiasa n bisa ngehandle yang lebih susah. Jadi anggap masalah tuh training doang, kita ga bisa ngerjain yang lebih susah klo kita ga lewatin ini. Ada orang yang ga pernah dapet masalah n akhirnya ada masalah berat, dy ga nahan. So, bersyukur lah klo masih bisa dikasih kesempatan ngehadapin masalah”

fiuh,, tuh cm satu dari banyak motivasi n pengajaran yg dy ksh ke gw, masih banyak lg yang laen, hehe..

*kembali ke topik kape gw

jadilah dengan semangat pengen jalan2 ke pengolahan limbahnya, gw berjuang nyelesein laoran gw, n Puji Tuhan berse sudah, haha.. Jadinya 181 halaman, ckckck.. gw aja jd males bacanya, haha..

Nah, we’ll see lah, gw ngapain ya abis beres laoran? gw harap sih gw msh bs ke field dl sebelum harus balik., Just my one last wish in here,, haha

tar gw lanjutin cerita yang lain lagi, hehe..

Rumbai still in smoke, wkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: